Urutan Generasi CPU Intel Terbaru

Geografiana.com – Prosesor merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada sebuah komputer. Karena sebuah komputer tidak akan dapat digunakan jika tidak memiliki CPU.

CPU atau prosesor ini yang berperan untuk menentukan kemampuan kerja dan kecepatan yang laptop atau komputer miliki.

Di pasaran banyak sekali terjual berbagai jenis CPU, salah satu CPU yang sering digunakan dan bisa disebut sebagai otak dari beberapa jenis laptop atau komputer yaitu CPU Intel.

CPU ini sangat sering digunakan dalam kegiatan produksi laptop atau komputer yang terbaru. Jenis dari CPU Intel inipun juga beragam.

Hal ini dusebabkan karena terjadinya perkembangan dan perubahan dari generasi ke generasi. Kamu perlu mempelajari atau mengetahui urutan generasi CPU Intel agar kami tahu seberapa kuat laptop atau komputer kamu bekerja.

Nehalem

Nehalem merupakan generasi pertama dari CPU Intel. CPU generasi pertama ini  menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm serta menggabungkan komponen contoller DDR3 pada chip CPU.

Sandy Bridge

Sandy Bridge merupakan CPU intel generasi yang kedua yang dibuat dengan menggunakan teknologi fabrikasi 32 nm.

Dengan teknologi tersebut maka CPU ini lebih ringkas dan efisien dibandingkan CPU sebelumnya. Pada CPU ini terdapat fitur baru yaitu dengan adanya pengolah grafis atau GPU di dalam CPU.

Ivy Bridge

Generasi ketiga dari CPU intel yaitu Ivy Bridge. Perubahan utama yang membedakan dengan CPU generasi sebelumnya yaitu menggunkan teknologi fabrikasi 22 nm yang artinya CPU ini lebih efisien lagi dari generaai sebelumnya.

CPU generasi ketiga ini juga sudah didukung dengan port USB 3.0 dan PCle 3.0

Haswell

Haswell merupakan CPU Intel generasi yang keempat dengan menggunakan teknologi fabrikasi yang masih sama dengan generasi sebelumnya Ivy Bridge yaitu 22 nm.

CPU ini diluncurkan pada tahun 2013 yang memiliki peningkatan berupa grafis atau GPU nya lebih cepat daripada sebelumnya. Dan juga kecepatan dari CPU ini juga meningkat sampai dapat diatas 3.4 Ghz.

Broadwell

Generasi CPU Intel yang kelima yaitu Broadwell dengan menggunakan tekonologi fabrikasi yang baru yaitu 14 nm, dengan begitu CPU ini lebih kecil, efisien, dan juga hemat daya.

Meskipun ukurannya lebih kecil tetapi performa yang dimiliki CPU ini dapat mencapai 20% lebih baik daripada generasi yang sebelumnya.

Desain ukurang kecil ini juga disesuaikan dengan ukuran laptop atau komputer yang kini juga ukurannya semakin kecil.

Skylake

Skylake merupakan generasi yang keenam dari CPU Intel. Sama dengan generasi sebelumnya Broadwell CPU ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm.

Peningkatan yang dimiliki CPU ini yaitu performa CPU yang disertakan dengan teknologi speed shift, dengan begitu kecepatan CPU ini dapat mencapai 50% dan juga hemat daya. Selain itu generasi CPU ini juga didukung dengan kualitas 4K UHD untuk streaming video.

Kabylake

Generasi CPU Intel yang kelima ini juga masih menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Kecepatan CPU ini lebih cepat 12% dari generasi sebelumnya dan juga memiliki kualitas streaming video 4K yang lebih lancar.

Kaby Lake Refresh

CPU ini termasuk generasi yang kedelapan. Desain CPU ini disesuaikan untuk laptop kelas menengah dan bisa streaming video 4K.

Coffe Lake

Coffe Lake merupakan CPU generasi kesembilan. Beberapa model dari CPU ini dibekali dengan jumlah core yang banyak dan memiliki kecepatan hingga 5.0 Ghz.

Comet Lake

Generasi selanjutnya yaitu Comet Lake yang juga baru dirilis pada tahun 2020. Dengan CPU ini kamu sudah bisa streaming video dengan kualitas resolusi 8K.

Cascade Lake

CPU generasi selanjutnya yaitu Cascade Lake yang memiliki seri tertinggi yang hadir dengan 18 core dan 36 thread. Jadi untuk performa tidak perlu diragukan lagi, untuk memiliki CPU ini kamu perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *