Teori Bumi Datar Masih Banyak Dipercaya, Begini Bantahannya

teori bumi datar

Sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu, teori bumi datar sudah ada dan dipercaya Sebagian orang. Perkembangan teknologi dan internet pun seakan mendukung penyebar luasan arugmen yang menyebutkan bumi datar.

Bukan hanya orang awam yang masih percaya dengan teori tersebut, beberapa public figure pun gencar menyebarkan teori bumi datar. Sebut saja Rapper BoB yang bahkan sampai menggalang dana public untuk mengirim manusia ke luar angkasa guna membuktikan bahwa bumi memang benar datar.

Dilansir dari Physics World, Lee Mclntyre yang merupakan ahli fenomena penyangkalan sains menyebutkan jika teori ini memiliki daya tarik bagi orang-orang tertentu yang rentan terhadap berbagai teori konspirasi.

Mclntyre bahkan sampai datang ke Konferensi Internasional Bumi Datar yang diselenggarakan di Denver tahun 2018 silam.

Psikolog Asheley Landrum asal Texas juga turut menghadiri pertemuan tersebut, dan mengakui jika orang-orang yang percaya teori bumi datar tidak main-main. Mereka benar-benar ada dan asli.

Awal mula teori tersebut muncul yakni karena kesalahpahaman ilmiah dasar yang sebenarnya bisa disangkal dengan mudah. Kebanyakan dari mereka yang mempercayaai bumi datar bahkan tidak memiliki latar belakang fisika, dan tidak memiliki bukti yang nyata.

Padahal, gagasan yang mengatakan bumi bulat telah diselesaikan oleh para filsuf Yunani Kuno, seperti Aristoteles. Dalam penelitiannya, para filsuf ini menemukan bukti empiris serta melihat konstelasi bintang baru.

Kemudian pada abad ke-3 Sebelum Masehi, Eratosthenes menjadi orang pertama yang menghitung keliling Bumi secara detail. Memasuki abad ke-9, cendikiwan-cendikiawan Islam pun melakukan pengukuran lebih lanjut, dan di abad ke-16 navigator Eropa mulai mengelilingi Bumi.

Hingga didapatkan gambar dari luar angkasa yang membuktikan Bumi bulat, sekaligus menjadi bantahan teori Bumi datar.

Lalu mengapa teori ini masih dipercaya hingga kini? Penyebaran kesalahpahaman informasi dan kurang “meleknya” mereka terhadap sains menjadi faktor yang menelantari hal ini. Ya, meskipun orang-orang yang meyakini teori bumi datar bukanlah orang yang tidak mempercayai sains sepenuhnya. Hanya saja, mereka sangat rentan terhadap pengaruh konspirasi dan pandangan semacam ini.

You May Also Like

About the Author: A Eri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *