Perbedaan MLM, Reseller dan Affiliate Dalam Bisnis Online

Geografiana.com – Di dalam dunia bisnis online, pasti sudah tak asing lagi mengenai istilah MLM, Reseller, Affiliate dalam mengembangkan pendapatan Anda.

Walapun sudah tidak asing lagi didengar, namun tidak jarang banyak orang yang masih belum paham dan salah dalam mengartikan ketiga istilah MLM Reseller dan Affiliate.

Ketiga istilah tersebut merupakan sistem bisinis yang memiliki kesamaan yaitu menjual barang atau produk milik orang lain dengan tujuan utama yaitu medapatkan uang atau komisi dalam jumlah tertentu.

Perbedaan MLM, Reseller dan Affiliate Dalam Bisnis Online

Disamping itu pasti ketiganya memiliki perbedaan dalam sistem kerjanya. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan  MLM Reseller dan juga Affiliate.

MLM

MLM atau disebut juga Multi Level Marketing ini merupakan sistem kerja dalam dunia bisnis yang strategi pemasarannya berjenjang atau bertingkat.

Dimana kita tidak hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan kita saja, namun kita juga akan mendapatkan keuntungan jika kita berhasil merekrut anggota lain.

Ditambah lagi kita juga akan mendapatkan keuntungan dari penjualan dari anggota yang kita rekrut atau referal.

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, sekarang ini sudah banyak sekali tersebar bisnis MLM yang cocok dicoba untuk para pemula yang ingin berbisnis secara online.

Untuk kamu yang tertarik pada bisnis MLM maka kamu harus berhati-hati serta pandai dalam memilih perusahaan yang ingin kamu ikuti, karena tidak jarang banyak perusahaan yang melakukan penipuan pada anggotanya.

Reseller

Reseller merupakan sistem kerja yang ada di bisnis online dengan cara menjualkan produk milik orang lain dengan syarat kita harus memiliki barang ataupun stok barang yang kita jual.

Setelah kita berhasil memasarkan produk atau barang tersebut maka kita akan mendapatkan komisi yang sudah ditentukan oleh pihak pemilik produk.

Biasanya komisi terdebut berkisar mulai dari 20% hingga 80%. Sistem kerja dalam reseller ini yaitu kita akan menawarkan produk kepada konsumen secara online maupun offline.

Ketika kita mendapatkan pesanan maka kita harus mengambil dan membeli produk pada supplier atau produsen lalu kita harus mengirimnya kepada konsumen, barulah kita akan bisa mendapatkan keuntugan dari penjualan tersebut.

Affiliate

Affiliate merupakan sistem kerja di dalam bisnis online yang lebih mudah dari reseller. Hal ini dikarenakan jika dalam sistem Reseller kita diharuskan memiliki atau bahkan stok barang.

Namun pada sistem affiliate ini kita tidak perlu direpotkan dengan stok barang dan juga mengirim barang.

Hal itu karena kita hanya akan memasarkan produk melalui link yang telah diberikan oleh pihak owner dan semua urusan mengenai barang serta pengirimannya akan ditanggung oleh mereka pihak owner.

Kita akan mendapatkan komisi apabila konsumen membeli produk melalui link yang kita miliki jadi nanti secara otomatis kita akan mendapatkan komisi.

Komisi yang ditawarkan pada sistem affiliate ini baisanya 20% atau 30% hingga 50%  tergantung dengan kebijakan dan ketentuan masing masing perusahaan.

Tentunya agar konsumen mau membeli produk lewat link yang kita miliki maka kita harus terus konsisten dalam menawarkan produk dengan cara memberikan informasi dan edukasi mengenai produk yang kita jual dan kelebihannya.

Demikian tadi penjelasan mengenai perbedaan MLM, Reseller, dan Affiliate. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis tersebut adalah pilih perusahaan yang terpercaya.

Lalu jangan lupa untuk terus konsisten dalam menambah informasi untuk keperluan pemasaran.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *