Perbedaan Linux Windows dan Mac OS

Geografiana.com – Dalam perangkat lunak sebuah komputer, sistem operasi komputer merupakan lapisan pertama yang ditempatkan di memori komputer. Terdapat tiga sistem operasi yang sering digunakan oleh user saat menggunakan komputer yaitu Windows, Linux, Mac OS. Pada sistem operasi tersebut terdapat perbedaan diantara ketiganya. Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan mengenai pemilihan sitem operasi saat membeli sebuah komputer. Padahal peranan sistem operasi ini sangatlah penting, tugas dari operasi sistem ini adalah melakukan kontrol dan manajemen hardware, menjalankan software seperti memproses data yang digunakan untuk memberi kemudahan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Dan setiap sistem operasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu harus pandai dalam memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Maka dari itu untuk kamu yang masih bingung mengenai perbedaan dari sistem opersi Windows, Linux, dan Mac OS kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Windows Linux dan Mac OS

Sistem Operasi Windows

Windows merupakan sistem operasi dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft asal Amerika.  Sedangkan pengertian Sistem Operasi merupakan sistem dasar yang digunakan untuk mengoperasikan suatu alat elektronik. Sehingga, sistem operasi windows adalah sistem operasi yang berfungsi untuk digunakan pada sebuah alat elektronik yang dapat ditambahkan sebuah fitur atau program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Contoh dari fitur yang ada dalam sistem operasi windows yaitu Microsoft Office, Microsoft Exel.

Sistem Operasi Linux

Linux merupakan sistem operasi open source yang dapat digunakan secara gratis untuk disebarluaskan di bawah ijin atau lesensi dari GNU. Sistem Operai Linux ini pertama kali dibuat oleh mahasiswa dari Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Sistem operasi ini merupakan turunan dari Unix yang dapat bekerja dalam berbagai macam hardware seperti inter x86 hingga RISC.

Sistem Operasi Mac OS

Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi yang pertama kali menggunakan Graphical User Interface, yaitu sebuah sistem operasi yang menggunakan gambar atau tidak hanya berupa text. Sistem ini dibuat oleh Perusahaan Apple Inc. yang memiliki desain elegan dan mudah untuk dipahami oleh para user atau brainware.

Kelebihan dan Kekurangan Windows

Kelebihan

1. Dapat digunakan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi dan file di waktu yang bersamaan.

2. Dapat sharing data aplikasi dengan mudah.

3. Banyak aplikasi yang kompetibel dengan windows

4. Mudah digunakan oleh siapapun.

5. Didukung oleh banyak Vendor hardware dan juga software.

Kekurangan

1. Space penyimpanan yang dibutuhkan besar.

2. Mudah terkena hack

3. Kecepatan Prosesor yang digunakan tinggi.

4. Harga lisensi mahal

5. Butuh memori fisik yang besar.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan

1. Lisensi yang gratis dan mudah untuk di download

2. Dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain dengan cara kompabilitas file system, kompabilitas network, dan juga emulasi operating system

3. Dapat menjalankan program yang lebih dari yang seharusnya karena memiliki Virtual Memori.

4. Memiliki stabilitas yang sangat stabil.

5. Dapat mencegah terjadinya pengubahan atau penghapusan file tanpa izin pemiliknya sehingga Linux tidak mengenal dengan yang namanya virus.

6. Didukung oleh banyak programmer di dunia.

Kekurangan

1. Belum tersedia banyak aplikasi.

2. Operating system tidak sepenuhnya GUI

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS

Kelebihan

1. Tidak mudah terkena virus.

2. Pada Mac OS X yang memiliki prosesor intel terbaru dapat melakukan semua hal dengan kecepatan yang sangat baik

3.  Banyak dimintai oleh user khusunya para desain farfis larena memiliki tampilan GUI yang menarik.

Kekurangan

1.  Tidak dapat dirakit sendiri karena tidak diberinya lisensi dari Apple untuk perusahaan lain.

2. Software yang dimiliki tidak begitu lengkap

3. Biaya mahal

4. Tidak bisa digunakan pada saat yang bersamaan

Itulah penjelasan tentang perbedaan sistem operasi windows, Linux, dan Mac OS. Windows sering digunakan oleh para brainware, Linux sering digunakan oleh para gamer, dan Mac OS sering digunakan oleh para desain grafis.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *