Penjelasan Tentang Hosting dan Domain Dalam Membangun Website

Geografiana.com – Dalam membuat sebuah website terdapat dua komponen yang penting yang harus dimiliki yaitu hosting dan domain untuk membangun sebuah website.

Tidak jarang banyak orang yang masih bingung membedakan apa itu yang dimaksud dengan domain dan hosting.

Apalagi untuk pemula yang baru ingin memulai untuk membuat sebuah website masih merasa asing saat mendengar tentang hosting dan domain.

Mereka mungkin masih  bingung manakah yang lebih penting antara hosting dan domain, apa fungsi keduanya dalam sebuah website dan apa hubungan antara keduanya.

Penjelasan Tentang Hosting dan Domain Dalam Membangun Website

Secara sederhananya hosting merupakan rumah untuk sebuah website dan domain merupakan alamatnya.  Berikut ini penjelasan tentang hosting dan domain untuk menjawab pertanyaan kamu.

Pengertian Domain

Domain merupakan alamat yang akan meneruskan perintah user menuju website yang diminta sedangkan, domain adalah bentuk sederhana dari sebuah alamat IP yang merupakan kombinasi angka yang rumit.

Tetapi untuk menghapalkan suatu kombiansi angka tentu akan sulit dan rumit tetapi dengan domain kamu tidak perlu untuk mengecek dan menuliskan alamat IP tersebut dan diganti dengan nama domain yang lebih singkat, padat, dan jelas.

Contoh nama ekstensi domain yaitu seperti .com, .co.id, .xyz, Untuk mendapatkan ekstensi domain tersebut kamu perlu membelinya di provider yang menyediakan pembelian nama ekstensi domain.

Lalu kamu harus mendaftarkan nama domain kamu sebagai nama website, jangan sampai nama domain kamu lebih dulu digunakan oleh orang lain karena kamu tidak bisa mendaftarkan nama domain yang sudah terdaftar.

Cara Kerja dari Domain

Di dalam dunia digital banyak sekali nama nama domain yang terdaftar, walaupun nama nama domain tidak ada yang sama atau sudah unik tetapi akan sulit ditemukan jika tidak tertata dengan baik.

Maka dari itu nama-nama domain ini dikumpulkan dalam suatu daftar yang disebut DNS Server. Jadi jika domain kamu dicari dan sudah ditemukan pada DNS Server maka selanjutnya browser akan menampilkan halaman web yang diinginkan oleh user.

Domain dan Subdomain

Kedua istilah ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Subdomain adalah alias dari sebuah domain. Subdomain biasanya memiliki kata yang khusus dari domain utama pada website kamu.

Subdomain bisa digunakan untuk memisahkan konten pada website kamu agar tidak tercampur dengan konten website yang lain. Jadi dengan subdomain kamu tidak perlu bingung lagi untuk menempatkan konten sehingga website kamu tetap rapi. Contoh

Nama Domain: www.geografiana.com

Subdomain: blog.geografiana.com

Addon Domain

Addon domain biasanya juga ditawarkan dalam pembelian layanan hosting. Addon domain merupakan domain yang ditambahkan setelah mempunyai domain utama.

Cara kerja addon domain berbeda dengan subdomain. Subdomain masih menyertakan nama domain utama, tetapi addon domain merupakan domain independen yang memliki konten yang berbeda.

Contoh :

Belajarseru.com addon domain dari belajar.com maka nanti geografiana.com akan ada di folder public_html geografiana.com.

Hosting

Hosting merupakan ruang tempat menyimpan data yang besar pada komputer dalam bentuk tulisan gambar, dan juga video.

Jadi hosting merupakan tempat dimana file website disimpan yang nantinya user akan membuka website yang kamu miliki lewat internet dimanapun dan kapanpun.

Hosting memiliki bentuk fisik yang disebut server. Bentuknya bisa seperti perangkat keras ataupun perangkat lunak yaitu hardisk, RAM, prosesor, dan sebagainya.

Setiap server akan berhubungan dengan hosting dan tersimpan di pusat data yang lengkap dengan UPS. Hosting biasanya digunakan untuk kebutuhan website dalam skala menengah kebawah.

Tetapi untuk website dengan traffic yang tinggi biasanya akan menggunakan VPS dengan resource yang besar.

Hosting juga memiliki fungsi untuk bisa tetap menjaga koneksi agar stabil selama mengakses internet.

Maka dari itu penting sekali untuk kamu memilih layanan hosting yang berkualitas dan bisa diakses dalam 24 jam. Kamu bisa memilih layanan hosting yang menjamin uptime hingga 99.9%.

Demikian tadi penjelasan tentang hosting dan domain. Keduanya saling berhubungan. Domain merupakan alamat IP yang digunakan untuk bisa mengakses file yang ada di sebuah website yang disimpan pada hosting.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *