Pengertian dan Kegunaan VPS

Geografiana.com – VPS atau Virtual Private Server ini sudah tidak asing lagi untuk didengar di dalam dunia digital ataupun bagi para pengelola website yang sudah professional. VPS merupakan alat server fisik yang terbagi dalam beberapa server virtual yang digunakan untuk kebutuhan layanan hosting bagi sebuah website. VPS memiliki keunggulan yang lebih daripada menggunakan layanan shared hosting karena VPS merupakan server pribadi yang resourcenya hanya untuk satu pengguna. Dengan menggunakan VPS kita tidak perlu membagi CPU, Storage, Bandwith, maupun diskspace dengan pengguna website lain, hal ini karena semua fitur itu hanya akan menjadi miliki kamu sehingga website kamu akan lebih aman. Dan juga VPS ini memiliki resource yang kapasitasnya lebih baik juga daripada shared hosting, database yang kamu miliki tidak akan dibagi dengan website lain. Selain itu banyak sekali kegunaan yang bisa kita dapatkan saat kita menggunakan VPS. Diantara kegunaan VPS sebagai berikut.

VPS sebagai Penyedia Hosting Berkecukupan

VPS mempunyai hosting yang berkecukupan, karena itu kamu tidak perlu khawatir terbaginya resource database pada website kamu. VPS memiliki kapasitas resource yang besar sehingga sangat cocok bagi pengelola web yang sudah professional dan memiliki traffic yang sangat tinggi.

Kemudahan Membuat Proxy

Dengan menggunakan VPS kamu bisa dengan mudah membuat proxy yang berguna untuk masking IP.

Membuat Tunneling

Saat menggunkan VPS maka kita bisa memanfaatkan fitur tunneling, dengan fitur ini maka kita bisa mengakses internet dengan VPS kita sendiri.

VPS untuk Encoding Video

Biasanya encode video akan memakan waktu yang lama, tetapi jika kita menggunakan VPS maka bisa menyala secara teru menerus dalam 24 jam.

VPS untuk Leech Torrent

VPS memiliki kecepatan transfer data yang dapat mencapai puluhan MB per detik sehingga dengan koneksi yang baik ini kita bisa memudahkan kita dalam leecher file file yang ada di torrent.

VPS Untuk Penyimpanan File Hosting

Banyak sekali jenis jenis situs penyimpanan secara online seperti shared, google drive, dropbox. VPS juga bisa memungkinkan untuk menjadi tempat penyimpanan file yang memiliki ukuran besar. File ini bisa diakses oleh pemilik website dan juga untuk pengunjung website. VPS juga memberikan fitur backup, layanan file sharing, penyimpanan software, gambar, video, dll.

VPS untuk Backup File

VPS memiliki fitur backup yang bisa melindungi data atau file kita agar tidak hilang. Karena dapat memungkinkan bahwa server utama akan mengalami eror, jadi VPS bisa membackup data dan file.

VPS sebagai Virtual Private Network

VPS sebagai VPN ini bisa dimanfaatkan bagi instalasi atau organisasi yang membutuhkan sebuah jaringan privat antara karyawan sehingga mereka bisa melakukan penyimpanan data dan bertukar data yang penting secara aman.

VPS Sebagai Remote Dekstop

Perlu kamu ketahui bahwa VPS ini bisa digunakan untuk remote desktop. Kamu bisa mengakses serta menggunakan komputer secara remote atau kontrol penuh pada server tidak dibatasi.  

Itulah tadi beberapa kegunaan dari VPS. Perlu kamu ingat bahwa sebelum menggunakan VPS pastikan kamu sudah memperhitungkan apakah kamu sudah benar benar membutuhkan VPS.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *