Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, Lindungi Jantung, hingga Tingkatkan Imun

manfaat tomat

Geografiana.com|| Sobat Geo dimanapun anda berada selalu waspada dengan wabah Covid-19 mengingat hari ini masih saja penyebaran virus corona berlanjut. oleh karena itu perlu kiranya kita selektif atas asupan vitamin, protein yang masuk ke tubuh kita.

Cerita pengalaman selama belajar di rumah karena virus corona, bahwa tomat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tomat yang sering dijadikan pelengkap masakan atau bisa di olah menjadi beragam makanan dan minuman, salah satunya jus.

Namun tak sedikit orang yang mengetahui, bahwa tomat segudang manfaat bagi kesehatan. Dari segudang manfaat tomat yang luar biasa ini diantaranya mampu melindungi jantung hingga meningkatkan imun tubuh.

Buah yang berasal dari Amerika bagian selatan dan tengah, buah ini, yang termasuk dalam keluarga nightshade, dikemas dengan nilai gizi.

Tomat kaya akan vitamin dan mineral alami, termasuk Vitamin A, K, B1, B3, B5, B6, B7, dan vitamin C. Selain itu, tomat juga memiliki folat, zat besi, kalium, magnesium, kromium, kolin, seng, dan fosfor.

Berikut 10 manfaat tomat yang mungkin belum Anda ketahui, dikutip dari berbagai sumber, diantaranya:

  1. Baik untuk Kulit dan Rambut

Mengingat meningkatnya tingkat polusi, kulit dan rambut kita akhirnya menjadi beban yang berat.

Memasukkan tomat dalam makanan biasa Anda benar-benar membantu melawan kerusakan yang dialami kulit kita.

Tomat mengandung likopen, yang juga digunakan untuk pembersih wajah. selain memakannya sebagai salad, Anda juga bisa mengupas tomatnya dan menggunakan kulitnya sebagai masker di wajah Anda.

Ini membersihkan dan menyegarkan kulit Anda. Dan Vitamin A dalam tomat juga melindungi rambut Anda dari kerusakan eksternal.

  1. Anti-Karsinogenik

Likopen dalam tomat dilaporkan dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat, lambung, dan kolorektal.

Jika Anda memasak tomat, produksi likopen justru meningkat, jadi Anda bisa membuat kari sesuka Anda.

Seka hanya itu, likopen dalam tomat dilaporkan dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker

  1. Baik untuk Tulang Anda

Tahukah Anda bahwa tomat mengandung Vitamin K dan Kalsium? Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seratus gram tomat mengandung 110 mg kalsium. Itu berarti tulang Anda tetap kuat selama Anda makan tomat.

  1. Memperbaiki Kerusakan akibat Merokok

Kiwi dikenal membantu sistem kita saat kita berhenti merokok. Tetapi asam coumaric dan asam klorogenat dalam tomat membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok, dan itu juga termasuk perokok pasif.

  1. Ini adalah Anti-Oksidan yang Hebat

Tomat adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C. Kedua komponen ini membantu tubuh untuk membuang radikal bebas berbahaya dalam darah kita.

Namun, untuk menyerap Vitamin C ke dalam sistem, tomat harus dimakan mentah, jadi masukkan saladnya.

  1. Melindungi Jantung Sekarang tomat mungkin tidak membantu menyembuhkan patah hati, tetapi Vitamin A, Vitamin B dan kalium di dalamnya membantu menurunkan kadar kolesterol dan darah Anda. Dalam jangka panjang, dapat mencegah penyakit terkait jantung. Jadi mulailah makan tomat hari ini.

Vitamin A, Vitamin B dan kalium dalam tomat membantu menurunkan kadar kolesterol dan darah Anda

  1. Mengontrol Gula Darah

Tomat diketahui memiliki mineral yang disebut kromium, tahukah Anda bahwa kromium bekerja dalam menjaga kadar gula darah? Jadi bagi mereka yang mengidap diabetes, atau riwayatnya dalam keluarga, ada baiknya untuk dimasukkan dalam menu makanan Anda.

  1. Meningkatkan Pencernaan

Tomat membantu meningkatkan sistem pencernaan, dan hati. Tomat mengandung serat yang membantu mencegah sembelit juga.

Jadi jika Anda makan terlalu banyak atau sesuatu yang terlalu pedas, gigitlah tomat kecil yang matang di akhir makan!

Selain itu, tomat mampu membantu meningkatkan sistem pencernaan, dan hati.

  1. Meningkatkan Imun tubuh.

Sarat dengan vitamin C, jus tomat segar sangat bagus untuk meningkatkan tingkat kekebalan Anda.

Vitamin C di dalamnya juga mengontrol peningkatan hormon stres, dan membantu tubuh Anda tetap berenergi, dan sehat.

  1. Membantu Membakar Lemak

Jika Anda sedang diet, sekarang saatnya memasukkan tomat sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Tomat mendorong produksi asam amino yang disebut karnitin, yang dilaporkan dapat meningkatkan kemampuan membakar lemak tubuh hingga setidaknya 30 persen, jika tidak lebih.

Demikian kiranya sedikit ulasan mengenai manfaat tomat buat kesehatan. semoga kita semua selalu dikuatkan fisik dan selalu diberikan kesehatan untuk tetap teguh melawan pandemi ini.

BACA JUGA : Viral Di TikTok Dan Twitter

You May Also Like

About the Author: A sale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *