Cara Setting VPS Linux Untuk Web Hosting

Geografiana.com – VPS atau Virtual Private Server ini bisa dikatakan hampir sama dengan web hosting karena memiliki manfaat yang sama sebagai layanan hosting. Letak perbedaannya yaitu ketika menggunakan layanan hosting kamu harus membagi root acces dengan pengguna website lain sedangkan dengan VPS kamu bisa bebas mengelola website kamu dengan RAM, Bandwith, Storage yang kamu miliki karena itu semua hanya untuk website kamu saja. Tapi sebelum itu kamu perlu mengatur VPS kamu agar bisa digunakan untuk web hosting. Sebelumya kamu harus terlebih dulu menginstall Linux, Apache, MySQL, PHP karena keempat komponen ini merupakan suatu kesatuan software yang akan digunakan untuk mengelola website. VPS kamu akan menggunakan sistem operasi linux maka dari itu disarankan untuk kamu menggunakan Ubuntu Server 18.04 LTS karena versi ini adalah versi yang stabil. Berikut ini cara seting VPS linux untuk web hosting kamu.

Install Apache

Apache ini merupakan web server yang nantinya akan melakukan proses pendistribusian informasi dari web server kepada web browser agar dapat menampilkan website yang dibutuhkan oleh user. Untuk menginstall Apache webserver pada linux VPS, kamu bisa melakukannya dengan perintah -> # apt install apache2 –y. Lalu cek apakah Apache telah terinstall dan bisa berjalan dengan baik dan benar kamu bisa gunakan perintah -> # service apache2 status. Jika apache sudah dapat berjalan dengan baik kamu bisa mencoba akses melalui browser dengan menuliskan http://_public_VPS_server_mu .

Install MySQL

MySQL atau MariDB berperan sebagai database yang digunakan sebuah website sebagai penyimpan seluruh informasi dengan terstruktur dalam bentuk text atau artikel. Untuk menginstall MySQL kamu bisa lakukan dengan menuliskan perintah -> # apt install mysql-server-y. Jangan lupa pastikan server MySQL sudah terinstall dengan menuliskan perintah -> # service mysql status. Jika sudah terinstall dengan baik kamu perlu menghapus beberapa parameter default yang mungkin bisa membahayakan keamanan database, kamu bisa menuliskan perintah # mysql_secure_installation kamu diminta agar mengatur password root dan menghapus beberapa default dengan menjawab Y pastikan juga kamu tidak asal menekan Y. untuk bisa kembali mengakses database kamu bisa menuliskan perintah #mysql.

Install PHP

PHP merupakan komponen yang berperan untuk memproses sebuah kode agar menampilkan konten dalam website secara dinamis melalui webserver. Istall PHP dengn menuliskan perintah -> # apt install php libapache2-mod-php-php-mysql. Selanjutnya kita harus mengubah supaya apache mencari file dengan menggunakan nama index.php dari yang sebelumnya secara default namanya index.html. Untuk bisa mengubanya kamu harus mengedit file dir.conf yang berada pada /etc/apache2/mods-enable/dir.conf lalu lakukan pengeditan dengan menuliskan perintah -> # nano/etc/apache2/mods-enablesd/dir.conf lalu isi filenya dengan mengubah tulisan index.php ke bagian awal menjadi

<Ifmodule mod_dir.c>

DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml index.htm

</IfModule>

Lalu jika sudah selesai tekan CTRL+X, dan tekan Y setelah itu ENTER agar perubahan tersimpan.

Test Integritas Apache Web Server dengan PHP

Setelah keduanya terinstall lebih baik kamu melakukan pengetesan integritas Apache dan juga PHP dengan membuat file PHP yang sederhana dengan nama info.php untuk untuk menunjukan informasi PHP yang ada di Directory Home Apache Web Server. Letakkan file PHP di web root agar Apache bisa membaca dan juga mengeksekusi script tersebut. Kamu bisa membuat file tersebut dengan menuliskan perintah -> # nano /var/www/html/info.php setelah itu kamu bisa copy paste perintah dibawah ini

<?php

phpinfo();

?>

Jika sudah selesai tutup dan simpan file tersebut dengan tekan CTRL+X lalu tekan Y lalu ENTER.

Dengan melakukan cara diatas kamu bisa melihat apakah Apache kamu bisa menampilkan sript PHP, kamu juga perlu membuka browser kamu untuk mengakses file tersebut dengan menuliskan http://ip_server_vps_mu/info.php

Install CMS WordPress

Sekarang kamu bisa membuat sebuah website di VPS kamu dengan menginstall CMS di WordPress VPS agar VPS milikmu dapat menampilkan sebuah website.

Hubungkan VPS dengan Domain

Jika WordPress sudah kamu install maka kamu sudah berhasil membuat website dengan menggunakan VPS dan agar user dapat dengan mudah mengingat dan menemukan nama website kamu maka kamu harus menghubungkan VPS dengan domain.

Demikian tadi cara untuk membuat website dengan VPS. Sekarang VPS kamu sudah bisa digunakan untuk web tanpa kendala dan performa website kamu akan lebih baik.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *