Cara membuat blog di wordpress bagi pemula

Cara membuat blog di wordpress

Geografiana.com|| Hallo sobat geografiana kembali lagi dengan admin, kali ini kita kupat tuntas bagaimana cara membuat blog di wordpress bagi pemula.

Bagi sobat Georgafiana yang belum memahami langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai sebuah blog, yuk simak penjelasan admin berikut ini :

Sebetulnya untuk memulai sebuah blog tidak harus seorang programer atau harus jago coding, tetapi dengan kemauan dan semangat yang tinggi maka akan tercipta sebuah blog yang anda harapkan.

Akan tetapi, tentunya kalian menjalankan blog ini harus diimbangi denga hobby dan bukan karena keterpaksaan. Karena menulis itu harus dibarengi dengan feel yang lembut.

Apa yang dimaksud dengan blog ?

Tidak sedikit juga warganet bertanya tentang Apa yang dimaksud dengan blog ?, Jadi blog adalah sebuah akun atau website yang bisa dikunjungi oleh banyak orang yang isinya anda buat sendiri yang disebut artikel atau konten.

Blog memiliki banyak macam, dan sesuai jenisnya. Topik dari blog itu sendiri bisa anda tentukan, boleh tentang hiburan, olahraga, kesehatan, gosip, berita dan lain-lain.

Saran admin jika anda memilih topik disesuaikan dengan apa yang anda sukai, kenapa ? karena hal inilah yang menjadi indikator keberhasilan sebuah blog. dimulai dari hobby atau kessukaan.

Langkah membuat blog di wordpress

  1. Kunjungi situs www.WordPress.com. nanti akan muncul form seperti gambar dibawah ini :

Kemudiah isikan nama blog yang anda inginkan, dan pastikan belum ada yang menggunakannya.

Nama blog yang anda buat adalah alamat dimana orang lain akan melihat postingan di wordpress.com anda nanti, kemidian pilih buat situs web.

2. Mengisi form pendaftaran

Pada tahap ini, silahkan anda isikan email, nama, sandi, alamat blog pada tampilan formulir dengan sebagaimana pada tampilan dibawah ini :

3. Gunakan alamat email yang aktif

Isikan alamat email anda yang aktif pada kolom Alamat Surel (Email), Karena WordPress akan mengirimkan aktifasi atau konfirmasi pendaftaran yang akan dikirim melalui email yang anda masukan.

Jika belum memiliki email, disarankan untuk membuat emai terlebih dahulu. bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membuat emai silahkan dibuka panduannya di google.com atau lihat disini>>>.

4. Pilih Username yang mudah diingat dan pasword yang unik

Admin sarankan memilik username yang mudah diingat menhindari lupa disaat login nanti. dan gunakan password yang hanya anda yang tahu.

5. Cek ketersediaan nama blog

Kemudian langkah selanjutnya adalah cek nama blog yang anda masukan. Jika terdapat tanda centrang hijau berarti blon anda aman dan belum ada yang menggunakan.

6 Buat blog

Jika semua isian sudah tersisi, silahkan scroll kebawah nanti akan ada pilihan buat blog lalu klik.

7. Ubah pengaturan

Ikuti langkah-langkap pada tahap pengaturan blog, setidaknya terdapat 5 tahapan yang harus dilewati.

8. Aktivasi email

Langkah selanjutnya silahkan bakun email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi blog di WordPress.com.

Pada email masuk atau difolder spam ada link aktivasi di ika Anda tidak menemukan email dari – WordPress.com. kemudian pilih konfirmasi alamat email.

9. Masuk ke dashboard panel admin.

Setelah semua tahapan selesai dilalui maka anda akan disajikan tampilan dashboard blog anda.

Nah sementara untuk membuat blog di wordpress bagi pemula sudah cukup sampai disini, jika sobat memerlukan informasi lainnya seperti :

bagaimana cara daftar google adsance, atau cara beli domain, cara sewa hosting, cara Install WordPress di hosting, atau panduan lainnya yang akan admin share pada artikel berikutnya.

Akhir kata

Demikian sekilas tentang Cara membuat blog di wordpress bagi pemula, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda pemula yang akan memuli sebuah blog.

Selamat mencoba dan semoga kalian berhasil.

Terimakasih sudah membaca artikel admin sampai selesai, jangan lupa untuk berlangganan di situs ini.

You May Also Like

About the Author: A sale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *