Aplikasi Edit Teks di PC atau Laptop terlaris

Geofrafiana.com – Aplikasi untuk mengedit file yang di buat menggunakan kode biasanya bisa di buka menggunakan text editor yang ada di PC. File ini bisa semacam seperti script, konfigurasi, bahasa pemrograman dan lain sebagainya yang mana pasti semua orang penasaran dengan isi dari file ini.

Windows sebenarnya memiliki aplikasi teks editor bawaan yang bernama Notepad. Tetapi karena fungsinya yang sangat terbatas, membuat kita semua harus mencari aplikasi alternatif yang lebih powerful untuk mengedit konfigurasi atau script yang ada. Di linux juga ada package yang bisa untuk mengubah file yang berisi teks, seperti nano.

Adanya teks editor ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan catatan seseorang dan disimpan dalam disk PC kita dengan ukuran file yang sangat kecil.

Ada beberapa aplikasi untuk mengedit teks di komputer yang bisa kalian coba untuk mengedit file file konfigurasi atau script, yaitu sebagai berikut.

Notepad ++

Ini adalah aplikasi teks editor favorit saya, dimana kita bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dan ukurannya pun juga sangat kecil. Dalam keseharian saya, menggunakan Notepad++ sangat membantu untuk kegiatan coding dan juga editing script. Walaupun memiliki nama yang sama dengan aplikasi teks editor bawaan Windows, Notepad++ memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Notepad dari Windows.

Kita bisa membuka mode tab yang akan memudahkan dalam melakukan pengetikan multi window, tertama pada tugas yang tergolong sama. Selain itu di notepad++ kita bisa melihat nomor baris yang tertera di sebelah kiri jendela. Ini sangat memudahkan kita dalam mencari baris mana yang mengandung eror ketika kita melakukan kegiatan coding disini.

Sublime Text

Bisa dikatakan Sublime Text adalah aplikasi yang paling ringan dan juga paling populer diantara pesaingnya. Pasalnya, kita bisa menggunakan Sublime text pada sistem operasi manapun yang tentu saja ini sangat membantu kita untuk menginstallnya pada komputer kita yang lainnya dengan aplikasi yang sama.

Tampilan yang sangat dinamis membuat kita betah untuk nongkrong sambil ngoding dengan aplikasi Sublime Text. Aplikasi ini sebenarnya tersedia secara gratis, tetapi bagi kalian yang minat dengan penawaran dan juga fitur eksklusif yang ada di dalam Sublime Text, kalian bisa membeli lisensinya.

Atom

Aplikasi teks editor yang bisa kalian coba selanjutnya adalah Atom. Aplikasi ini sangat berguna bagi kalian yang suka ngoding dan sedang mencari referensi baru untuk menjadi wadah tulisan-tulisan yang kalian ketik.

Beberapa fitur unggulan dari Atom membuat kita semua mudah dalam melakukan pekerjaan seperti, Cross Platform, Package Manager serta adanya Autocompletion yang membuat kalian mengurangi typo yang terjadi ketika kalian sedang ngoding.

Ultraedit

Bagi kalian yang asing dengan teks editor ini, kalian harus mencoba untuk sekarang juga. Pasalnya kita bisa menggunakan Ultraedit untuk mengedit teks yang berkaitan dengan coding-coding berbagai bahasa pemrograman.

Selain itu kita juga bisa mengakses SFTP dan SSH menggunakan aplikasi Ultraedit yang tentu saja akan mempermudah kita dalam melakukan transfer data atau memasukkan command untuk server.


Itulah beberapa rekomendasi teks editor favorit yang harus kalian coba bagi yang menginginkan suasana baru dalam aktivitas ngoding kalian. Semoga dengan begitu kalian bisa lebih nyaman ketika sedang mengerjakan pekerjaan dimanapun.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *