Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

geografiana.com– Banyak dari kalian yang mungkin menyukai buah jambu, bahkan cara untuk memakannya pun sangat beragam, ada yang di jus ataupun dimakan secara langsung, namun selain itu kalian juga harun mengetahui manfaat dari buah tersebut, dan berikut di bawah ini manfaat buah jambu biji untuk kesehatan yang sudah kami rangkum.

Jambu biji adalah buah yang sangat mudah sekali ditemukan di Indonesia, buah yang satu ini tentunya sangat banyak di gemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang menyeggarkan dan juga harganya terbilang murah.

Selain itu kalan juga dapat mengkonsumsi buah jambu biji tersebut dalam kondisi mentah atau setengah matang yang biasa di jadikan sebagai rujakan.

Bagi kalian yang menyukai dan gemar mengkonsumsi buah ini, maka beruntunglah, karena di balik buah yan menyegarkan buah jambu biji terbukti menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Apakah kalian penasaran manfaat apasajakah yang terkandung dalam jambu biji tersebut? nah, penjelasanya berikut dibawah ini.

10 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

1. Menjada Tekanan Darah

Buah jambu biji berperan menjaga tekanan darah dalam kondisi optimal, hal ini dikarnakan, buah jambu biji merupakan sumber potasium yang baik.

Dalam kondisi yang cukup berat, peran potassium dapat mencegah terjadinya syok karena penurunan tekanan darah yang tidak normal.

2. Membantu Mengbati Demam Berdarah (DBD)

Buah tropis ini termasuk makanan yang mengandung vitamin C tinggi, bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji tersebut dapat mencapai 3-6 kalia lipat lebih banyak ketimbang jeruk dan 10 kali lebih banyak dari pepaya.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam daging buah jambu biji tersebut bermanfaat sebagai pencegahan kerapuhan (fragilitas) kapiler pembuluh darah, selain itu secara langsung dapat mengurangi risiko perdarahan pada penderita DBD.

Perlu anda ketahui bahwa manifestasi perdarahan pada penderita demam berdarah bergantung pada tiga faktor yaitu, berikut dibawah ini.

  • Faktor kerapuhan pembuluh kapiler darah
  • Faktor jumlah trombosit
  • Faktor komponen pembekuan darah

3. Pemperlancar Sistem Pencernaan

Jambu biji juga mengandung senyawa tanin yang menimbulkan rasa sepat pada tubuh, namun bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus.

4. Mengobat Sariawan

Karena jambu biji mengandung vitamin C tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu mengobati sariawan maupun gusi bengkak.

Hal tersebut di sebabkan karena vitamin C berperan dalam proses penyembuhan luka dan membangun daya tubuh melawan infeksi.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A32 Terbaik 2021

5. Menurunkan Kolesterol

Buah jambu biji kaya kan serat khususnya petin atau serat larut air yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterolserta asam empedu dalam tubuh serta membunuh pengeluarannya.

6. Menjaga Keteraturan Denyut Jantung

Jambu biji juga mengandung kalium yang dapat berfungsi meningkatkan denyut jantung, mengatur pengiriman zat-zat gizi ke sel tubuh, kontraksi otot, serta menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah tinggi atau (hipertensi).

7. Mencegan Anemia

Vitamin C yang terkandung pada jambu biji dapat membantu tubuh dalam penyerapan zat besi, perlu kalian ketahui bahwa zat besi di perlukan tubuh untuk banyak keperluan.

Jika tanpa supan zat besi yang cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh Hingga Mencegah Kanker

Selain itu dalam buah jambu biji ditemukan likopen, yakni zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang memiliki aktivitas antioksidan untuk melawan kanker, jambu biji mengandung likopen terutama jambu biji yang memiliki daging merah.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin C, Jambu biji juga mengandung vitamin A yang diperlukan tubuh, dalam 100 gram jambu biji, sedikitnya mengandung vitamin A 25 SI, vitamin A termasuk nutrisi penting yang berperan dalam banyak proses tubuh, diantanya adalah:

  • Kesehatan produksi.
  • Fungsi kekebalan.
  • Kesehatan kulit
  • Pertumbuhan Tubuh.
  • Menjaga kesehatan mata atau fungsi penglihatan.

Jika kekurang vitamin A sendiri dapat menjadi penyebab utama kebtaan, terutama di negara-negara berkebang, maka untuk itu jangan lupa untuk mengonsumsi buah jambu dari sekarang.

Baca juga: Kelemahan Trading Forex Menggunakan Robot

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jambu biji mengandung banyak serat dan juga antioksidan (vitamin A, vitamin C, betakaroten, serta asam folat) yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, selain itu jambu biji juga kaya akan kalsium, vitamin B yang berguna untuk tubuh, zat besi, dan kalium.

Nah itulah manfaat yang terkandung pada buah jambu biji, jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah tersbeut, karena dalam buah tersebut mengandung banyak manfaat yang snagat tak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.